Disiplin dan Tanggungjawab Perlu Dalam Mengelola Keuangan Pribadi

Menghabiskan uang sudah merupakan suatu fakta yang sering terjadi di masyarakat. Oleh karena itu perlu disadari bahwa secara individu harus mempunyai kekuatan lebih dalam mengendalikan segala pengeluaran.

Faktor Penyebab Hutang

Tidak hanya itu saja, disiplin dan tanggungjawab juga diperlukan untuk menghindari sikap menggampangkan melakukan pemborosan yang tak perlu hingga beresiko memperburuk kondisi keuangan.

Pengeluaran yang berlebihan juga mengakibatkan timbulnya hutang yang seharusnya tidak perlu terjadi. Seringkali dalam menangani keuangan pribadi seseorang akan terperosok dalam kondisi di mana orang itu harus mempunyai hutang.

Penyebab hutang sendiri selain karena gaya hidup juga akibat dari mengelola keuangan yang buruk. Buruknya seseorang dalam mengelola keuangan bisa dilihat dari tidak ada-nya dana cadangan/darurat yang bisa dipergunakan karena mengabaikan faktor disiplin serta tanggungjawab untuk mengelola simpanan uang.

Menabung

Simpanan uang yang seharusnya bisa digunakan untuk keperluan yang sudah ditentukan biasanya sering terkuras habis akibat dari kebutuhan yang mendesak. Prioritas untuk kebutuhan yang mendesak (walau tak diperlukan) membuat kendali atas tanggungjawab keuangan menjadi tidak konsisten.

Dalam mengelola keuangan kita perlu mendapatkan sugesti dan motivasi agar uang yang kita punyai terjaga dari pengeluaran yang tidak perlu bahkan tak menguntungkan. Seseorang perlu sugesti bahwa untuk mencapai suatu keinginan harus didapat dengan cara menabung.

Menabung adalah satu-satunya metode yang paling masuk akal  yang bisa dilakukan oleh semua orang. Karena hanya dengan cara menabung seseorang punya simpanan untuk keperluan darurat bahkan bisa memenuhi segala keinginannya.

Manajemen Individu

Selain menabung, kontrol diri pada keputusan untuk memakai uang juga sangat diperlukan. Prioritaskan pengeluaran hanya pada hal yang penting dan memang benar-benar dibutuhkan dalam arti yang sesungguhnya. Walaupun kebutuhan sekunder juga termasuk dari keinginan setiap orang tetapi perlu tindakan yang bijaksana agar tidak membuat pengeluaran tersebut menjadi sebuah bencana bagi orang tersebut.

Memang lain saran lain juga kenyataannya, tidak semua cara bisa dipraktekan dengan mudah dan ikhlas. Oleh sebab itu kembalikan semuanya pada satu pemikiran bahwa hidup adalah untuk bertahan, dengan menabung dan mengelola pengeluaran dengan benar maka seseorang akan bisa bertahan terhadap kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi sekarang maupun masa depan. Kunci dari semua itu adalah disiplin, tanggungjawab, dan konsisten.

You May Also Like

About the Author: Jurnal Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *