Hak Konsumen Dalam Transaksi Internet Banking

Ada banyak sekali kontroversi atas siapa yang bertanggung jawab ketika sesuatu berjalan salah dalam aktifitas internet banking. Bank kadang-kadang maju dan bertanggung jawab untuk langkah-langkah keamanan sebagaimana mestinya. Sedangkan bank lain akan membebankan tanggung jawab kepada nasabah.

Anda memiliki hak sebagai nasabah internet banking. Sebagai contoh, skema phishing mungkin telah Anda untuk memberikan informasi pribadi Anda dan pada gilirannya, dapat mengakibatkan akun internet banking Anda disalahgunakan pihak lain.

Perusahaan perbankan umumnya membebankan tanggung jawab kepada Anda untuk menyimpan username dan password yang aman. Harus tidak bisa ditebak orang lain, Anda tidak harus menuliskannya, Anda tidak memberitahukan kepada siapapun. Ini adalah hak Anda untuk menyimpan informasi ini untuk diri sendiri dan tidak membocorkan kata sandi bahkan kepada karyawan bank.

Anda mungkin bertanya siapa yang harus bertanggung jawab jika Anda jatuh kedalam bentuk penipuan internet, dimana Anda sendiri adalah orang yang memberi tahu semua informasi mengenai informasi rekening. Namun, ada peraturan dari Bank Indonesia  No.9/15/PBI/2007.

Peraturan Bank Indonesia tentang internet banking untuk melindungi salah satu jenis transaksi perbankan dalam menggunakan peralatan IT, yaitu dengan mengeluarkan peraturan-peraturan tentang bertransaksi yang aman, dan selalu mengganti pin secara berkala, Bank Indonesia juga telah memperketat segi keamanan untuk bank-bank lain sehingga pengguna dapat merasa aman dalam bertrasaksi.

Kebanyakan perusahaan internet banking memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Mereka mencoba untuk membangun sebuah citra untuk diri mereka sendiri melalui keamanan yang ketat dan mereka juga berusaha untuk memperbaiki situasi dengan layanan pelanggan yang hebat. Cari bank seperti ini dan Anda tidak akan memiliki masalah untuk mendapatkan mereka agar menghormati hak-hak konsumen seperti Anda.

You May Also Like

About the Author: Jurnal Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *