Penggunaan Batas Kredit Secara Maksimal Buruk Bagi Keuangan Anda

Setiap kartu kredit memiliki batas kredit, yaitu jumlah maksimum yang dapat digunakan bertransaksi tanpa terkena biaya penalti. Tapi penerbit kartu kredit tidak pernah berniat agar Anda menggunakan seluruh dana yang tersedia dalam limit kartu kredit. Bahkan hal-hal buruk bisa saja terjadi jika pemakaian kartu kredit telah mendekati atau bahkan melebihi batas kredit Anda atau over limit.

Skor kredit Anda akan turun

Sebagian besar dari nilai kredit Anda tepatnya 25% berdasarkan pada berapa banyak kredit yang tersedia bagi Anda untuk digunakan. Ini adalah rasio pemakaian kartu kredit dengan batas kredit atau dikenal sebagai pemanfaatan kredit.

Semakin tinggi utilisasi kredit Anda, atau saat pemakaian kredit mendekati bahkan melebihi batas kredit atau over limit, semakin buruk nilai kredit Anda. Memaksimalkan penggunaan satu kartu kredit sangat buruk untuk skor kredit, apalagi memaksimalkan penggunaan semua kartu kredit Anda akan jauh lebih buruk.

Penerbit Kartu Kredit tidak akan suka

Ketika Anda mengajukan aplikasi kartu kredit atau pinjaman, bank akan melihat berapa banyak kredit tersedia yang dapat Anda gunakan. Jika pemakaian kartu kredit terlalu tinggi maka bank akan menganggap Anda memiliki hutang lebih dari yang dapat Anda tangani.

Anda berisiko overlimit

Bahkan jika Anda menjaga pemakaian kartu kredit Anda tepat di bawah batas kredit, tagihan Anda masih bisa berakhir di atas batas kredit bila ada beban finance charge dan tentu Anda juga terkena biaya overlimit.

Sulit membayar tagihan

Tergantung pada batas kredit yang Anda dapatkan, tagihan kartu kredit yang telah maksimal digunakan dapat membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dilunasi, terutama jika Anda hanya membayar minimum. Anda mungkin berencana untuk membayar tagihan secara full, namun berpisah dengan uang tunai dengan nominal yang cukup besar mungkin terlalu sulit untuk dilakukan saat tanggal jatuh tempo pembayaran mulai mendekat.

Anda bisa memicu tingkat bunga default

Perusahaan kartu kredit memiliki hak untuk meningkatkan bunga kartu kredit jika Anda mengalami default kartu kredit dengan memaksimalkan penggunaan batas kredit.Jika tingkat bunga yang tinggi diterapkan pada tagihan pemakaian yang juga tinggi , ini merupakan bencana untuk rencana pembayaran kartu kredit Anda.

Pemakaian kartu kredit yang wajar adalah sebagai berikut :

Yang terbaik adalah menjaga pemakaian kartu kredit Anda di bawah 10% dari batas kredit. Untuk menghindari penggunakan batas kredit maksimal secara tidak sengaja, periksa batas kredit Anda sebelum melakukan pembelian dengan kartu kredit untuk menghindari over limit.

You May Also Like

About the Author: Jurnal Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *