Pentingnya Mengetahui Bunga KPR Sebelum Mengajukan Permohonan Kredit Rumah

Menggunakan fasilitas kredit kepemilikan rumah (KPR) untuk mendapatkan rumah yang Anda inginkan tanpa perlu menyiapkan seluruh dana sesuai harga yang ditawarkan, telah menjadi pilihan banyak orang. Penggunaan KPR sangatlah membantu masyarakat terutama masyarakat menengah kebawah untuk memiliki hunian yang sesuai dan layak.

Namun saat ini bukan hanya kalangan menengah kebawah saja yang menggunakan fasilitas KPR yang diberikan oleh banyak bank ini, masyarakat menengah keataspun mulai melirik untuk menggunakan fasilitas KPR dalam membeli rumah yang dimaksudkan sebagai investasi jangka panjang. Namun ada satu hal yang selalu menjadi perhatian baik dari kalangan menengah kebawah maupun kalangan menengah keatas dalam memilih fasilitas KPR, yaitu bunga KPR.

Kaitan Bunga KPR Dengan Cicilan Kredit Per Bulan

Lalu mengapa mereka yang ingin menggunakan fasilitas KPR harus jeli dalam menghitung bunga KPR? Ternyata hal tersebut sangatlah penting untuk mengukur berapa besar bunga atau pertambahan nilai dari harga rumah yang akan Anda beli untuk jangka waktu tertentu yang Anda tetapkan saat penandatanganan perjanjian KPR. Semakin tinggi bunga KPR maka akan semakin tinggi pula pertambahan nilai beli dari rumah yang Anda beli tersebut.

Hal ini bukan menjadikan Anda semakin untung namun jika dihitung menurut kacamata bisnis, justru akan membuat Anda rugi. Mengapa demikian? Anda akan mengalami kerugian meskipun hal tersebut sebenarnya bukan kerugian yang cukup besar karena mengingat nilai jual dari sebuah rumah pastilah meningkat dari tahun ke tahunnya, namun Anda perlu membayar cicilan bulanan yang teramat tinggi jika Anda mendapatkan bunga yang tinggi dalam pengajuan KPR tersebut.

Oleh karena itu, biasanya orang-orang yang sangat jeli dalam melihat bunga KPR ini akan mencari dari sekian banyak bank yang menawarkan fasilitas KPR hanya untuk menemukan bank mana yang mampu memberikan penawaran fasilitas KPR dengan bunga paling rendah diantara bank lainnya. Dengan begitu, maka Andapun tidak akan dibebani dengan cicilan perbulan yang terlalu tinggi. Dan lagi, dengan mendapatkan bunga rendah, maka keuntungan Anda akan semakin besar ketika hendak menjual kembali rumah tersebut nantinya.

Hal ini sangat diperhatikan terutama oleh para kalangan menengah keatas yang sangat teliti dan perhitungan dalam membelanjakan dana mereka. Dengan mendapatkan bunga yang tinggi yang akan mempengaruhi cicilan per bulan mereka, maka mereka akan kehilangan banyak sekali perputaran uang yang semestinya bisa memberikan keuntungan yang lebih besar kepada mereka.

Beberapa Bank yang Menawarkan Bunga KPR Rendah

Jangan khawatir jika memang Anda ingin mendapatkan bunga paling rendah untuk urusan KPR. Anda tidak perlu lagi mencari satu per satu dari sekian banyak bank untuk dapat mengetahui bank mana yang memberikan bunga paling rendah untuk fasilitas KPR karena semua informasi tersebut akan dibagikan disini. Berdasarkan sistem Transparansi Informasi Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, suku bunga KPR yang beredar  berkisar antara 6.71% – 12.50% dari total nilai beli rumah yang ingin Anda dapatkan dengan menggunakan kredit KPR. Namun tidak dapat dipastikan jika suatu saat nanti akan ada bank yang mampu memberikan persentase yang lebih rendah lagi untuk bunga KPR.

You May Also Like

About the Author: Jurnal Keuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *